Sabtu, Januari 03, 2015

Setahun Hanya Untuk Bikin Tulisan Ini



Diluar sangat riuh suara kembang api, namanya juga akan datang tahun baru 2015. Sekarang pas lima menit lagi dihitung mulainya tulisanku diblog ini dan tahun akan berganti. Malam yang biasa  saja menurutku, hanya pergantian tahun masehi dan saya menghabiskannya dengan  berkumpul di Taman Baca Mahanani. Beberapa  Mahananian sudah tertidur. Sebagian nonton layar tancep di depan halaman. Si ucil Indose pun melanjutkan  molornya  disebelah ku setelah terbangun kaget gara gara ada suara ledakan kembang api  menggelegar bertubi tubi.

Sudah terbiasa hanya berada dirumah ketika malam pergantian  tahun, dan nggak pernah merasa gelisah, frustasi, atau gigit kaki gara gara nggak ikut cari hiburan. Percuma juga kan kalau udah pusing cari hiburan  diluar, eh tapi nggak kehibur karena  jalanan macet panjangnya kaya sepur. \

Namun ada yang berbeda  di tiga tahun belakangan ini. Saat pergantian tahun menuju 2013 akibat masuk klub organisasi mentul mentul kwakaka…. jadi agak repot bikin acara tahun baruan buat mahasiswa UNJROT baca Universitas Mojoroto, dong gak ?? baca UNP Kediri. Ada renungannya juga sampe menguap ngantuk sambil pegangin lilin. Cukup lega ketika acaranya selesai, paling tidak udah  berjalan damai gak jotos jotosan, lumayan lancar lah apalagi bapak Samari selaku Rektor bersedia menyumbangkan sebuah lagu kesukaanya “Sekuntum mawar merah” yang juga selalu dinyanyikan di beberapa event UNP. Hehehe sampai hafal.

Kampus di awal tahun 2013

Di pergantian tahun 2014 karena seringnya berkunjung ke kontrakan salah satu teman hingga akrab sama teman se-kontrakan sampai bersahabat juga dengan mbak langganan warung anak kontrakan situ, sehingga atas nama kekompakan dan persahabatan haha…Aku, Jefri, Lebo, Toyus, Locos, Cimot, Rasta, Indos dan Guna ngadain acara baka bakar. Sorenya hunting cari bahan apa kira kira yang pantas di bakar. Habis maghrib tahlilan, eh nggak …habis magrib di olah bahan tadi agar bias di telan dengan rasa yang lumayan,   jam  sembilan malam hidangan siap dimakan. Jam sepuluh tinggal tulang, kulit rambutan dan bonggol jagung bakar yang tersisa. Udah seperti  orang kalap aja, langsung lahap dan sikat hingga kekenyangan ternyata. Rasa ngantuk membuat malam itu disudahi dengan bacaan Bismika Allahuma Akhya Wa bismika Amut. Amin.  Yah begitulah  beberapa dari mereka tertidur sebelum tahun berganti.

Kontrakan menuju 2014

Pada saat ini pula di pergantian tahun baru 2015 sebelumnya mahananian sudah berencana bikin acara yang fokusnya adalah anak anak dan sekaligus jadi tontonan untuk warga di kampung sekitar, mumpung danaunya mahanani meluap maka tema nya adalah pesta air dengan beberapa permainan sederhana melatih kekompakan yang dilanjut malamnya nonton film bareng dan larung lentera. Cukup antusias, dengan acara tersebut setidaknya mereka tidak merengek rengek pada orang tuanya minta diajak melihat hiburan diluaran sana yang belum jelas acaranya. 50 lilin pun siap di hanyutkan pada pukul sepuluh malam, hanya sekedar simbol bahwa kalaupun tahun baru nanti menjadi motivasi bagi mereka untuk lebih baik biarlah mereka berucap sejuta cita dan harapan indah  untuk diwujudkannya. Lantas anak anak mulai meninggalkan tempat, dilanjut tontonan film untuk mahananian. Dan saya dibilik mahanani saja karena sudah kepayahan hehehe.

 Tema Mahanani : mensyukuri tahun 2014, semangat jelang tahun 2015
Sumber :https://www.facebook.com/tamanbacamahanani?fref=ts

Desember 2014 memang baru saja berakhir, dimana bulan ini cukup banyak peristiwa, Mahananian sempat mengadakan kegiatan hibah buku di Rejoso yang lumayan sukses meski sempat banjir bandang 2 hari sebelum hari H hehe. Bulan ini beberapa sahabatku, juga keluargaku melepas masa lajangnya dan   ada yang menambah momongan.  Adapun kabar duka yang terdalam ketika sahabat untholers (sebutan untuk sahabat satu kelas di perkuliahan) menutup usia setelah beberapa lama bertahan dengan sakitnya, dia sosok yang selalu ceria dan selalu menghibur. Bisa dikatakan aku tak terlalu dekat dengannya, namun ketika bertemu, dia selalu memberi kesan karena cukup jahil dan kritikan tak jarang terucap pas bertemu, entah tentang pipiku yang kaya bakpau, penampilan yang gak modis bahkan ada rencana mau dibawa ke salon untuk menata rambuktu yang jadul katanya. Ketika menjenguk sempat dia minta dibelikan sate “Gus tukokno sate laler anding omahmu kae, enak kui” “Io dit taktukokne” kataku. Padahal menurutku biasa aja satenya apa lagi ukurannya kecil makanya dia bilang sate laler. Apapun dia dengan segala keunikannya dia merupakan sosok yang berharga bagiku dan tentunya bagi keluarga besar untholers.

Pesan dari almarhum sahabat , kenangan candaan alay :)

Bulan desember pun juga dibuat sebagai hari ibu di tanggal 22 tepatnya, meski belum pernah terucap kata selamat hari ibu untuk sang ibu, dalam hati rasa bangga, sayang, dan cinta selalu untuk mama yang ku panggil makkkk…..itu hehe meski sering juga bikin jengkel beliau. Selalu sehat Mah J.     Sebelum bulan ini pula mbah putri menutup usia, padahal mbah yang satu2 nya tersisa dan menjelang wafat lumayan dekat dengan beliau setelah sekian lama sangat jarang berkunjung kerumahnya. Setiap berkunjung sering beliau bercerita mulai masa kecil bapak, saudara saudaranya, juga tentang beliau waktu muda sampai nikah.

sosok Ibuku dan adik, acara  RZ di Hari Ibu, acara Mahanani

Eh tak terasa setahun lamanya hanya nulis buat blog ini haha. Ya soalnya mulai nulis pukul 23.55 WIB Desember 2014 dan selesai di tanggal 3 januari 2015. Lama banget ya….Turut berduka juga untuk seluruh korban Airasia yang dari desember akhir hilang dan sampai sekarang meski sudah diketemukan, masih terus dilakukan pencarian untuk korban dan awak pesawat, tersiar kabar ada penumpang membawa seluruh keluarga yang berencana menikmati tahun baru. Semoga keluarga diberi ketabahan. Amin. 

6 komentar:

  1. mas, tulisan sampean itu mengandung apa to? tiap aku update baca, aku mesti ketawa hahaha

    BalasHapus
  2. Io to mbak,... hHahaha....alhamdulillah ada yang terhibur....
    seng masak nyang guri jatukno dilebokne potoe ...

    BalasHapus
  3. hlo hlo!! iyo! padahal spesialis per-pawon-an iku penting banget!

    BalasHapus
  4. wkwkwkwk.......la yo sampek angus tok wajahe haha...jos masakane (jempol)

    BalasHapus
  5. suip (y) kita itu emak-emak cakep meski bau asep hahaha

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com