Sabtu, Juni 29, 2013

IT For Teaching

              PPT-Plex – Unlinear power point presentation ” adalah sebuah plug-in yang bisa diterapkan dalam Ms. Powerpoint ketika dalam mode slide show. Seperti yang dijelaskan dalam situs resmi Microsoft bahwa plug-in ini memakai teknologi Plex sehingga dapat memberikan Anda kekuatan untuk memperbesar dan keluar dari bagian slide dan bergerak langsung antara slide yang tidak berurutan dalam presentasi Anda.
            Sebenarnya pptPlex merupakan prototipe riset yang dikembangkan yang bertujuan untuk eksplorasi dan memberikan alternatif tampilan slide show yang lain pada Microsoft Office PowerPoint. Dimana biasanya tampilan slide show hanya bergeser dari satu slide ke slide lainnya secara linier. Dengan pptPlex di dalam Powerpoint, anda dapat bergeser atau pindah dari satu slide ke slide lainnya dengan kemampuan zoom dan masih di satu kanvas atau bingkai.  Jangan khawatir meskipun plug-in ini sebuah prototipe tapi fungsi dan manfaatnya cukup besar, terutama untuk anda yang menginginkan tampilan powerpoint yang keren dan terlihat profesional.
            Instalasinya cukup mudah. Anda tinggal menjalankan file pptPlex.msi dan mengikuti langkah-langkah panduan instalasinya. Setelah selesai, pada PowerPoint akan muncul tab baru, yaitu tab pptPlex.

KELEBIHAN
               Plug-in ini memungkinkan kita untuk menyusun seluruh slide-slide presentasi kita dalam satu wadah atau kanvas dan slide yang dibuat bisa dikelompok-kelompokkan, jadi tidak terlihat monoton seperti cara presentasi yang lama. Yang hebatnya, dalam media kanvas atau wadah tersebut dimungkinkan untuk bisa mengeksplorasi secara bebas slide-slide yang ingin diperlihatkan. Bisa di zoom in, zoom out, digeser secara bebas dan lain sebagainya

KEKURANGAN

            Sangat disayangkan sekali bahwasannya pptPlex tidak mensupport animasi apabila presentasi sedang berjalan. Tidak seperti halnya dengan presentasi linear biasa. Tapi kabarnya lagi masih dipersiapkan versi terbarunya kedepan dengan fitur2 yg wah tentunya dan juga keluhan member seputar animasi akan dituntaskan oleh pengembang software untuk perkembangan kedepannya.



PROSES INSTALASI
1. Persyaratan Instalasi
2. Download dan install pptPlex
Note : Jika Anda punya layar sentuh ada juga multi-touch memungkinkan versi pptPlex tersedia.

3.  Cek instalasi
 Mulai PowerPoint 2007 dan pastikan kamu nmelihat tampilan layar seperti dibawah ini
Jika pptPlex tab hilang / tidak muncul , ikuti petunjuk dibawah ini :
  1. bukaPowerPoint dan klik the Office Button di pojok kiri atas
  2. klik t PowerPoint Options button dan pilih Add-Ins
  3. di Manage dropdown, pilih COM Add-Ins dan klik the OK button
  4. pilih checkbox next to pptPlex dan klik OK butto

PENGGUNAANYA
1. Instal PPTPlex sudah tersedia
2. Buatlah slide baru  atau pergunakan slide yang sudah ada
3 Apa bila sudah benar benar terinstal maka menu bar akan bertambah


Part-Part yang penting saya jelaskan secara ringkas….
1.      Insert New Section



apa itu section? section merupakan sebuah pembatas pemberian sub judul pada salah satu pengelompokan slide presentasi. Misalnya, kita sudah membuat slide mengenai sebuah software, seluruh slide-slide yang ada menyangkup kegunaan software tersebut, kelebihan software tersebut, kekurangan dan berguna bagi kalangan apa dan sebagainya. Nah, kegunaan, kelebihan, kekurangan itulah yang nantinya dipisah dengan tools section tersebut.


….Setelah diseleksi….

…Hasilnya akan tersusun seperti tampak diatas sebagai contoh sederhananya…
2.      Canvas Background



Inilah yang merupakan pemberian berbagai jenis varias latar blakang yang disediakan pptPlex secara standardnya. pada saat presentasi menggunakan pptPlex. Kesannya agak kaku namun jangan khawatir, kita bisa memodif objek2nya sesuai kreatifitas kita agar tampak lebih cool

3.      From Overview



Inilah bagian dimana untuk memulai presentasi kita dengan gaya baru. Ditampakkan seluruh slide-slide yang sudah kita susun sedemikian rupa sebelumnya, diberi judul utama dan sub bab atau judul bagian-bagiannya, dan juga dengan sentuhan desainbackgrund yang ok punya sesuai selera anda. Dengan keleluasaan diberikan controller navigasi dengan mause sesuai keinginan seperti contoh dibawah ini

4.      Add Live Content



Bagian yang berfungsi untuk menambahkan data presentasi dari file microsoft office lainnya. Misal dari grafik exel. Kemampuan lainnya ia otomatis mengupdate datanya apabila data utama (sumber) mengalami perobahan tanpa kita harus bekerja 2 kali untuk merubahnya.

5. Buat lagi slide dengan klik home > new slide
      


2 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com